Polri Tak Pernah Tahan Pegawai Pajak Gayus Tambunan

Polri Tak Pernah Tahan Pegawai Pajak Gayus Tambunan


Sebenarnya tindak korupsi dapat dibrantas, hal ini dapat dimulai dari diri kita sendiri.Melakukan pelanggaran moral bahwa aspek agama sangat berkurang, hal ini dapat terjadi karena krisisnya pelajaran moral sejak dini.

Jakarta – Selama pemeriksaan hingga berkas dilimpahkan ke Kejagung, pegawai Ditjen Pajak Gayus Tambunan tidak ditahan Mabes Polri. Alasannya, tersangka yang namanya mencuat setelah disebut Susno Duadji itu dinilai kooperatif.

“Penahanan tidak dilakukan, karena kantornya jelas, pimpinannya bisa ditanya, dan yang bersangkutan selalu hadir kalau dipanggil,” jelas penyidik Direktorat II Bareskrim AKBP Mardiyani dalam jumpa pers di Mabes Polri Jl Trunojoyo, Jakarta, Jumat (19/3/2010).

Penahanan dilakukan berdasarkan alasan subyektif. Untuk Gayus dinilai tidak perlu ditahan karena sejumlah alasan tersebut.

Gayus dijerat pidana Polri atas pelanggaran sejumlah pasal. “Pelanggaran kumulatif atas tindak pidana pencucian uang, korupsi, dan penggelapan,” ujar perempuan berkacamata yang mengenakan baju batik ini.

Gayus berdasarkan penyidikan Polri terbukti menerima uang dari Roberto Antonius, yang juga konsultan pajak, dan dari PT Megah Citra Jaya Garmindo, total Rp 395 juta. Penahanan di Polri umumnya dilakukan kalau ancaman di atas 5 tahun penjara.

Gayus menjadi salah satu tolak ukur kekuatan hukum di Indonesia.Bahwa kenyataannya hukum di Indonesia masih lemah.Banyak para koruptot yang yang hanya memperoleh hukuman ringan bahkan tidak sebanding dengan jenis pelanggarannya.

kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s